Waspadai Bahaya Ketulian Akibat Radang Telinga Tengah

Waspadai Bahaya Ketulian Akibat Radang Telinga Tengah

Waspadai Bahaya Ketulian Akibat Radang Telinga Tengah ,- Anda sering merasakan nyeri pada telinga ? Dan pendengaran Anda juga perlahan-lahan berkurang ? Jika demikian, Anda harus waspada. Karena kedua kondisi tersebut bisa jadi disebabkan karena radang telinga Tengah yang mungkin Anda derita.

Waspadai Bahaya Ketulian Akibat Radang Telinga TengahRadang telinga tengah atau dalam istilah medis disebut dengan otitis media merupakan kondisi dimana terjadinya infeksi pada telinga bagian tengah yaitu ruang dibelakang gendang telinga yang memiliki tiga tulang kecil dengan fungsi untuk menangkap getaran dan meneruskannya ke telinga bagian dalam.

Semua orang bisa mengalami radang telinga tengah, namun kondisi ini lebih sering terjadi pada anak-anak yang berusia dibawah 10 tahun dan pada bayi berusia 6-15 bulan. Diperkirakan ada sekitar 25% anak yang sudah pernah menderita radang telinga sebelum mereka genap berusia 10 tahun.

Penyebab Terjadinya Radang Telinga Tengah

Peradangan pada telinga tengah bisa terjadi akibat infeksi saluran pernafasan seperti radang tenggorokan atau pilek yang menyebar ke telinga bagian tengah melalui saluran eustachius. Saluran eustachius adalah saluran yang menghubungkan telinga bagian tengah dengan rongga di belakang hidung dan tenggorokan bagian atas.

Infeksi ini bisa terjadi akibat bakteri yang masuk ke dalam saluran eustachius dan akhirnya menimbulkan pembengkakan. Umumnya pembengkakan akan muncul di area tersebut dan disertai dengan penyumbatan pada saluran tersebut. Kondisi ini dapat memicu penumpukan lendir di gendang telinga bagian belakang.

Sehingga menyebabkan pendengaran akan terganggu akibat banyaknya lendir dan nanah yang memenuhi bagian telinga tersebut. Pendengaran berkurang dan mengalami gangguan karena gangguan tulang kecil penghubung antara organ pendengaran bagian dalam dan gendang telinga menjadi rusak dan tidak bekerja dengan baik.

Jika kondisi ini terus dibiarkan tanpa adanya pengobatan, maka dapat menyebabkan penderitanya mengalami ketulian atau tidak bisa mendengar. Hal ini karena terlalu banyaknya cairan dan tekanan yang menyebabkan gendang telinga menjadi robek. *Baca : Obat Radang Telinga Paling Ampuh Terbukti Aman Tanpa Efek Samping

Bahaya Lain Dari Radang Telinga Tengah

Selain dapat menyebabkan ketulian, radang telinga tengah yang tidak segera diobati juga dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya. Utamanya jika terjadi pada anak yang masih kecil, risiko terjadinya komplikasi cukup tinggi. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh mereka yang masih berkembang dan belum terbentuk sempuran.

Berikut beberapa bahaya atau komplikasi yang mungkin terjadi akibat radang telinga tengah yaitu :

  • Gangguan dalam berbicara atau perkembangan berbahasa, kondisi ini bisa terjadi jika anak Anda sering mengalami infeksi telinga dan mempengaruhi indera pendengaran mereka ketika masih kecil.
  • Lubang pada gendang telinga, pada kondisi tertentu, tekanan atau kerusakan yang terjadi di telinga tengah bisa merobek gendang telinga. Meskipun kondisi ini bisa pulih dalam waktu 72 jam dengan sendirinya, namun terdapat beberapa kasus yang mengharuskan penderitanya menjalani operasi untuk memulihkannya.
  • Labirintitis, kondisi ini terjadi akibat infeksi yang menyebar hingga ke area labirin (struktur halus yang berada jauh di dalam telinga). Gejala dari kondisi ini yaitu pusing, vertigo, kehilangan keseimbangan dan kehilangan pendengaran.
  • Kolesteatoma, yaitu kumpulan sel-sel kulit abnormal di dalam telinga. Kondisi ini bisa terjadi akibat infeksi telinga tengah yang sering kambuh. Jika dibiarkan, kolesteatoma dapat merusak struktur telinga dan mengganggu fungsi pendengaran. Operasi pengangkatan kolesteatoma akan diperlukan pada kebanyakan kasus ini.
  • Abses otak, adalah pembengkakan yang berisi nanah dan muncul di dalam otak. Kondisi ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami sakit kepala parah, demam, kebingungan, kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh dan kejang-kejang. Kondisi ini merupakan kondisi darurat yang membutuhkan penanganan di rumah sakit. Pengobatan biasanya dilakukan melalui pemberian antibiotik dan operasu untuk mengeluarkan nanah yang ada di dalam otak.

Maka dari itu sangat penting untuk selalu menjaga kondisi kesehatan dan asupan gizi yang seimbang agar Anda maupun anak Anda dapat terhindar dari penyakit radang telinga tengah dan komplikasi yang menyertainya.

Menjaga daya tahan tubuh serta kebersihannya juga harus dilakukan seperti mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air. Menjaga kebersihan udara khususnya di rumah dengan ventilasi yang cukup dan hindari asap rokok. Khusus untuk bayi langkah yang bisa dilakukan yaitu pemberian ASI minimal selama 6 bulan serta hindari memberikan susu di botol ketika bayi sedang berbaring.

Pencegahan radang telinga tengah ini sebenarnya mudah selama dilakukan dengan baik. Bukankah “Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati”. Oleh sebab itu, lakukan pencegahan radang telinga ini agar Anda dan anak Anda dapat terhindar dari penyakit radang telinga. (Simak Juga : Obat Radang Telinga Paling Ampuh )

Waspadai Bahaya Ketulian Akibat Radang Telinga Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *