Wow! Inilah Daftar Tanaman Obat Asma Paling Ampuh

Tanaman Obat Asma Paling Ampuh

Selain dengan pengobatan medis, ternyata penyakit asma juga dapat diobati secara tradisional yakni dengan menggunakan Tanaman Obat Asma Paling Ampuh yang mudah Anda dapatkan di alam atau lingkungan sekitar.

Nah disini kami akan memberitahukan kepada Anda, apa saja Tanaman Obat Asma Paling Ampuh yang bisa dipilih dan digunakan untuk mengobati penyakit asma. Yuk, simak ulasannya.Tanaman Obat Asma Paling Ampuh

Penyebab dan Gejala Asma

Asma termasuk penyakit kronis yang menyerang saluran pernapasan, dimana penyakit ini terjadi karena peradangan yang membuat saluran pernapasan membengkak dan sangat sensitif. Akibatnya saluran pernapasan menyempit dan oksigan yang mengalir ke paru-paru pun berkurang.

Meskipun penyebab asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya penyakit asma seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau terpapar zat kimia.

Biasanya penyakit ini ditandai dengan penderita yang mengalami sesak atau sulit bernapas, nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Jika gejala ini terjadi, sering kali penderita asma menjadi kesulitan untuk tidur. Gejala asma ini dapat terjadi dalam kurun waktu 6-24 jam atau bahkan beberapa hari.

Terkadang asma juga dapat menimbulkan gejala berat, yang mana dapat berakibat fatal jika tidak ditangani dengat segera. Untuk itu. sangat penting untuk mengobati gejala yang muncul ketika Anda pertama kali menyadarinya sehingga tidak menjadi parah.

Daftar Tanaman Obat Asma Paling Ampuh

Meskipun obat asma banyak terdapat di pasaran. Namun pada artikel kali ini, kami merekomendasikan Tanaman Obat Asma Paling Ampuh yang pada jama sekarang banyak menjadi pilihan ketika asma sedang kambuh. Selain cukup praktis, tanaman obat asma juga memiliki dampak yang luar biasa dalam meredakan gejala asma.

Nah, berikut Daftar Tanaman Obat Asma Paling Ampuh yang bisa Anda gunakan :

  1. Jahe

Jahe sudah lama dikenal akan khasiatnya yang baik bagi kesehatan, salah satunya dalam mengobati asma. Dimana beberapa senyawa yang ada pada jahe memiliki efek positif dalam membantu mengendurkan jaringan-jaringan otot polos pada saluran pernapasan.

  1. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit asma. Hal ini karena kunyit mengandung zat kurkumin, yaitu bahan aktif yang memiliki antioksidan tinggi dan bermanfaat dalam melawan gejala-gejala asma maupun penyakitnya.

  1. Putri Malu

Putri malu termasuk tanaman liar yang mudah ditemukan di berbagai tempat. Putri malu memiliki daun yang sensitif dengan sentuhan, yang mana daun ini mengandung alkaloid yang membantu mengeluarkan dahak yang sering menghambat laju saluran pernapasan.

  1. Oregano

Oregano yaitu salah satu Tanaman Obat Asma Paling Ampuh yang efektif dalam mengobati penyakit asma. Selain itu, oregano juga mengandung flavonoid, zat anti-inflamasi, terpene, dan carvacrol yang bermanfaat dalam membersihkan paru-paru.

  1. Bunga Kenanga

Bungan kenangan terkenal dengan keharumannya yang khas. Yang mana bunga kenanga ini juga dapat dijadikan sebagai obat asma tradisional. Caranya dengan merebus 3 bunga kenangan dan segelas air hingga mendidih. Setelah itu, tunggu hingga dingin dan minum 2x sehari.

  1. Tampal Besi

Tampal besi memiliki sedikit racun, namun tidak membahayakan tubuh. Kandungan flavonoid berperan sebagai agen anti-inflamasi yang akan menyembuhkan peradangan pada saluran pernapasan dan membantu mengeluarkan dahak, sehingga udara dalam saluran pernapasan menjadi lebih lancar.

  1. Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung sifat ekspektoran alami yang dapat menyingkirkan dahak-dahak yang menyumbat jalannya udara dalam saluran pernapasan. Sifat anti-inflamasi juga dapat mengatasi segala penyakit pernapasan seperti asma, bronkitis, batuk atau flu.

  1. Daun Seledri

Selain baik untuk membersihkan ginjal, daun seledri tenyata dapat membantu mengobati asma dengan cara merebus 40 lembar daun seledri dan 2 gelas air hingga mendidih atau tersisa setenganya. Kemudian angkat dan saring, lalu tunggu hingga rebusan dingin dan minum sekali dalam sehari.

  1. Kemukus

Selain menjadi lalapan, kemukus juga dapat digunakan untuk mengobati sakit asma. Dimana biji kemukus memiliki minyak atsiri yang bermanfaat sebagai aromaterapi yang akan membuka saluran pernapasan. Senyawa alkaloid yang ada pada biji kemukus juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan mengurangi peradangan pada saluran pernapasan.

  1. Karuk

Karuk atau daun sirih tanah adlaha tanaman liar yang banyak tumbuh pada beberapa daerah di Indonesia. Dimana karuk ini bermanfaat dalma mengencerkan lendir atau dahak di bagian saluran pernapasan, untuk kemudian di keluarkan dari dalam tubuh.

Itulah 10 Daftar Tanaman Obat Asma Paling Ampuh yang bisa Anda pilih dan Anda gunakan untuk membantu mengobati penyakit asma yang diderita. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang membacanya. Terimakasih telah berkunjung dan salam sehat 🙂

Posted by : Obat Asma Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *