10 Tanaman Obat Alami Untuk Infeksi Saluran Kemih

Tanaman Obat Alami Untuk Infeksi Saluran Kemih

Tidak hanya pengobatan medis, namun infeksi saluran kemih juga dapat diatasi dengan menggunakan Tanaman Obat Alami Untuk Infeksi Saluran Kemih yang telah dipercaya sejak jaman dulu mampu mengatasi infeksi saluran kemih, baik pada wanita ataupun pria.

Kebanyakan pengobatan medis banyak dicari ketimbang pengobatan herbal. Memang benar bahwa pengobatan medis banyak tersedia, hanya saja pengobatan secara alami atau herbal dapat menjadi pendukung manfaat obat medis sekaligus membuat penyembuhan jauh lebih cepat.Tanaman Obat Alami Untuk Infeksi Saluran Kemih

Berikut 10 Tanaman Obat Alami Untuk Infeksi Saluran Kemih yang bisa Anda buat menjadi ramuan

  1. Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing telah lama dikenal dapat mengobati penyakit yang ada di area saluran kemih, seperti batu kandung kemih, batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Kumis kucing mengandung kadar potasium yang tinggi dan orthosiponin glycosides yang dapat menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dari tubuh.

Anda dapat membuat daun kumis kucing sebagai ramuan dengan cara :

  • Siapkan daun kumis kucing sebanyak 10 helai.
  • Kemudian cuci hingga bersih.
  • Rebus 10 helai daun kumis kucing tadi dengan air 4 gelas hingga mendidih.
  • Lalu air rebusan di minum dengan dosis 2 kali sehari setengah gelas.
  1. Daun Kemuning

Dalam bidang kesehatan, masyarakat Indonesia biasa menggunakan daun kemuning untuk mengatasi masalah diare dan disentri secara tradisional. Daun kemining sendiri terbukti cukup ampuh dalam mengatasi penyakit rematik, tukak lambung, obesitas, hingga infeksi saluran kemih.

Daun kemuning termasuk cukup mudah untuk diolah, Anda Cuma perlu telaten dan rutin mengkonsumsinya. Berikut cara mengolah daun kemuning untuk mengatasi infeksi saluran kemih, yaitu :

  • Siapkan daun kemuning segar sebanyak 35 gram dan cuci hingga bersih.
  • Rebus daun kemuning dengan 3 gelas air hingga tersisa setengah.
  • Setelah dingin, saring air rebusan daun kemuning tersebut.
  • Minum air rebusan tersebut sebanyak 3 kali sehari dengan takaran setengah gelas pada setiap kali minum.
  1. Daun pegagan

Daun pegagan atau disebut tanaman tapak kuda termasuk salah satu Tanaman Obat Alami Untuk Infeksi Saluran Kemih yang manjur. Dimana antibakteri yang ada pada daun pegagan ini dapat membantu mengobati infeksi yang terjadi pada saluran kemih.

Cara mengobati infeksi saluran kemih dengan daun pegagan, yaitu :

  • Siapkan 1 kg daun pegagan yang bersih dan tumbuk hingga halus.
  • Rebus dengan setengah liter air hingga mendidih.
  • Diamkan agar dingin dan saring serta peras.
  • Minum rebusan daun pegagan ini 3 kali sehari setelah makan.
  • Konsumsi secara rutin hingga masalah infeksi saluran kemih sembuh.
  1. Mentimun

Mentimun merupakan jenis tumbuhan herbal yang biasa digunakan sebagai obat tradisional ISK. Tanaman ini dapat mengobati infeksi serta peradangannya. Caranya juga terbilang mudah yaitu dengan sering mengkonsumsi langsung atau membuatnya menjadi jus dengan cara sebagai berikut :

  • Siapkan 2 buah mentimun dan cuci hingga bersih.
  • Potong kecil-kecil dengan kulitnya, lalu blender hingga halus.
  • Minum secara teratur jus mentimun ini 2 kali sehari hingga saluran kemih membaik.
  1. Bawang Putih

Bawang putih termasuk obat alami untuk segala penyakit, kandungan aktif bernama allicin berfungsi sebagai pembunuh bakteri, anti peradangan dan antijamur. Cara mengobati ISK dengan bawah putih yaitu dengan makan 3 sampai 4 siung bawang putih mentah. Bawang putih dipercaya dan terbukti dapat menyembuhkan ISK secara alami.

  1. Jahe

Jahe merupakan Tanaman Obat Alami Untuk Infeksi Saluran Kemih yang cukup populer. Jahe mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai gingerol / agen antibakteri yang dapat menghambat penyebaran bakteri dalam saluran kemih. Untuk memanfaatkan jahe ini, Anda dapat mengkonsumsi wedang jahe secara teratur.

  1. Cranberry

Cranberry merupakan buah yang dapat menaikkan keasaman tubuh dan berguna untuk menumpas perkembangbiakan bakteri. Bagi penderita ISK, buah cranberry sangat membantu untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi gejala-gejala infeksi saluran kemih.

  1. Kunyit

Infeksi saluran kemih dapat diatasi secara alamiah dengan menggunakan kunyit. Rempah ini mengandung kurkumin yang bersifat anti-jamur, anti-bakteri, anti-inflamasi, dan anti-virus. Keempat sifat ini berperan dalam menghambat perkembangan seluruh jenis mikroba termasuk bakteri penyebab ISK.

  1. Cuka Sari Apel

Tanaman Obat Alami Untuk Infeksi Saluran Kemih berikutnya yaitu cuka sari apel yang dikombinasikan dengan madu. Kombinasi bertujuan untuk memaksimalkan khasiat dalam penyembuhan. Selain mampu menormalkan kembali tekanan darah dan kolesterol tinggi, cuka apel juga dapat menghilangkan sensasi terbakar dan gejala lainnya.

Cara mengatasi infeksi saluran kemih dengan cuka sari apel dan madu ini yaitu campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok makan cuka sari apel. Konsumsi obat alami infeksi saluran kemih ini dengan rutin setiap hari.

  1. Peterseli

Untuk infeksi saluran kemih, cobalah menggunakan peterseli sebagai obatnya. Peterseli merupakan sayur yang kaya akan sodium, potassium, riboflavin, tiamin, zat tembaga, vitamin A, B, dan C. Untuk memanfaatkannya, Anda dapat mengolah peterseli menjadi ramuan dengan cara :

  • Siapkan 10 lembar daun peterseli dan cuci hingga bersih.
  • Rebus daun peterseli tersebut dengan air secukupnya hingga mendidih.
  • Lalu diamkan hingga dingin, saring dan minum airnya.
  • Konsumsi ramuan ini 2 kali sehari untuk membuat infeksi mereda.

Itulah 10 Tanaman Obat Alami Untuk Infeksi Saluran Kemih yang bisa Anda manfaatkan dan buat sendiri di rumah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan organ tubuh terutama setelah kencing. Semoga tips ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengatasi gangguan kesehatan yang Anda alami.

Terimakasih telah berkunjung dan salam sehat 🙂

Baca juga artikel lainnya ⇓

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *