Inilah Penyebab Utama Anemia Yang Harus Diwaspadai

Inilah Penyebab Utama Anemia Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Utama Anemia Yang Harus Diwaspadai ,- Kekurangan darah (anemia) merupakan kondisi yang patut diwaspadai, karena dapat mengakibatkan tubuh lemas, pusing berkunang-kunang, terlihat pucat yang tentunya akan menganggu aktivitas sehari-hari.

Karena banyaknya orang yang mengalami anemia dan sebagai besar kasus sulit diketahui penyebabnya. Untuk itu disini kami akan berbagai informasi mengenai Penyebab Utama Anemia Yang Harus Diwaspadai secara lengkap.Penyebab Utama Anemia Yang Harus Diwaspadai

Selama ini banyak orang yang tidak mengetahui apa penyebab anemia, bahkan gejala anemia pun banyak yang tidak menyadarinya. Anemia sendiri dapat terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehat yang mengandung hemoglobin.

Apa itu hemoglobin ?

Hemoglobin yaitu molekul protein dalam sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh dan mengembalikan karbondioksida dari jaringan tubuh ke paru-paru untuk kemudian dikeluarkan melalui pernapasan.

Bayangkan jika tubuh kekurangan hemoglobin, hal ini tentu akan menganggu aktivitas sehari-hari Anda. Ada sekitar 400 gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan kekurangan hemoglobin dan memicu anemia, tetapi yang utamanya ada tiga, yaitu :

  • Tubuh tidak memproduksi sel darah merah dengan cukup.
  • Ada kelainan terhadap reaksi tubuh yang menghancurkan sel darah merah yang sehat.
  • Terjadi pendarahan yang mengakibatkan tubuh kehilangan darah lebih cepat dibanding kemampuan tubuh dalam memproduksi darah.

Penyebab dan Jenis-Jenis Anemia

Berdasarkan penyebabnya, anemia dapar dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain :

  • Anemia akibat kekurangan zat besi

Anemia jenis ini merupakan yang paling umum terjadi. Dimana kekurangan zat besi dapat mengakibatkan produktivitas sel darah merah menjadi menurun. Anemia jenis ini dapat terjadi pada orang ayng sakit maag, pendarahan kronis (kanker usus besar, kanker rahim, wasir, dll), serta wanita hamil yang tidak mengkonsumsi suplemen penambah zat besi.

  • Anemia akibat kekurangan nutrisi

Selain zat besi, tubuh juga memerlukan nutrisi yang berguna untuk memproduksi sel darah merah di dalam tubuh. Dimana vitamin B12 dan asam folat sangat dibutuhkan disini. Kekurangan 2 unsur nutrisi tersebut dapat mengakibatkan tubuh tidak bisa memproduksi sel darah merah sehat dalam jumlah cukup sehingga terjadi anemia.

  • Anemia akibat penyakir kronis

Penyakit yang berkepanjangan atau kronis juga dapat menyebabkan anemia. Beberapa penyakit kronis tersebut yaitu HIV/AIDS, kanker, rheumatoid arthritis, penyakit ginjal, penyakit crohn, dan penyakit peradangan kronis.

  • Anemia akibat sumsum tulang belakang

Kelainan pada sumsum tulang belakang dapat menyebabkan seseorang terkena anemia, yang mana kondisi ini disebabkan karena sumsum tulang belakang tidak dapat memproduksi sel darah merah secara normal. Beberapa penyakit seperti leukimia juga dapat menganggu produksi sel darah merah di sumsum tulang dan memicu anemia.

  • Anemia aplastik

Pada jenis ini terjadi penurunan pembentukan sel darah merah dan putih. Hal ini karena adanya infeksi virus yang mempengaruhi sumsum tulang dan secara signifikan mengurangi produksi semua sel-sel darah. kemoterapi dan beberapa obat lain dapat menyebabkan anemia aplasik.

  • Anemia hemolitik

Anemia hemolitik yaitu jenis anemia yang terjadi ketika sel darah merah dihancurkan oleh tubuh lebih cepat dibanding waktu produksinya. Jenis anemia yang satu ini dapat diturunkan secara genetik atau bisa juga didapat setelah lahir.

  • Anemia sel sabit (sickle cell anemia)

Kebanykan anemia jenis ini bersifat genetis yang disebabkan oleh bentuk hemoglobin yang tidak normal sehingga mengakibatkan sel darah merah berbentuk seperti bulan sabit. Sel darah merah berbentuk sabit mempunyai waktu hidup lebih pendek dibanding sel darah merah normal.

Selain itu, ada juga beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami anemia, diantaranya :

  • Ibu hamil.
  • Penyakit autoimun.
  • Kecanduan alkohol.
  • Bertambahnya usia.
  • Terpapar zat kimia beracun.
  • Wanita yang sedang menstruasi.
  • Adanya riwayat anemia di keluarga.
  • Efek samping dari obat, seperti obat kemoterapi.
  • Gangguan pencernaan pada usus, seperti penyakit crohn dan penyakit celiac.
  • Menderita penyakit tertentu, seperti gagal ginjal, kanker, atau penyakit kronis lainnya.

Dikarenakan banyaknya kondisi yang dapat menyebabkan anemia, maka dari itu penting dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab jelasnya.

Perlu Anda ketahui, akibat dari kurangnya darah dalam tubuh ini dapat berdampak vital dan dapat mempengaruhi organ penting seperti jantung, ginjal dan organ penting lainnya. Bahkan dapat berdampak pada kematian.

Untuk itu jika Anda mengalami anemia, penting untuk melakukan pengobatan anemia sejak dini agar Anda dapat terhindar dari bahaya akibat anemia ini.

Penyebab Utama Anemia Yang Harus Diwaspadai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *