Penyebab dan Faktor Risiko Infeksi Saluran Kemih Yang Harus Diketahui

Penyebab dan Faktor Risiko Infeksi Saluran Kemih Yang Harus Diketahui

Penyebab dan Faktor Risiko Infeksi Saluran Kemih ,- Pada tubuh kita terdapat saluran kemih yang dimulai dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Dimana pada saluran inilah proses pembuatan urin atau air seni terjadi.

Penyebab dan Faktor Risiko Infeksi Saluran KemihProses ini berawal dari ginjal yang akan menyaring darah untuk memilih racun dan kotoran untuk dibuang melalui ureter dan masuk ke dalam kandung kemih yang kemudian akan dibuang melalui uretra. Namun jika terjadi infeksi pada saluran kemih proses ini tidak akan berjalan dengan baik dan akan menyebabkan gangguan di dalamnya.

Infeksi saluran kemih sendiri yaitu infeksi bakteri yang menyerang daerah saluran kemih pada tubuh. Dimana infeksi terjadi karena kuman masuk ke dalam saluran kemih dan bergerak menuju uretra. Hal ini berlanjut menjadi infeksi bakteri yang dapat menyebar pada kandung kemih, saluran kencing, uretra hingga ginjal.

Penyebab dan Faktor Risiko Infeksi Saluran Kemih

Sebagain besar infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri Escherichia Coli atau E. Coli yang umumnya hidup di dalam saluran cerna. Selain itu, mikroorganisme lain yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih yaitu :

  • Jamur (biasanya candida).
  • Staphylococcus pada kulit.
  • Proteus, Klebsiella, dan Enterococcus dari saluran cerna.

Dimana infeksi akibat bakteri ini lebih sering terjadi pada wanita. Pasalnya wanita memiliki uretra yang lebih berdekatan dengan anus sehingga bakteri dari anus lebih mudah berpindah ke uretra.

Selain karena posisi uretra dan anus yang berdekatan, perpindahan bakteri pada wanita juga dapat terjadi ketika :

  • Berhubungan seksual.
  • Memakai kontrasepsi diafragma.
  • Memakai pembalut jenis tampon.
  • Menyeka area anus dengan tisu dari arah belakang ke depan setelah buang air besar.
  • Memasuki masa menopause, yang mana wanita hanya memproduksi sedikit cairan vagina dan akibatnya bakteri lebih mudah berkembang biak.

Tidak hanya oleh bakteri, infeksi saluran kemih juga dapat terjadi karena irirtasi ketika berhubungan seksual dan akibat terganggunya kinerja pengosongan urine oleh kondisi tertentu. Urine yang terlalu lama tertampun pada kandung kemih memberi peluang kepada bakteri untuk berkembang biak.

Berikut faktor risiko infeksi saluran kemih yang meningkatkan risiko terkena penyakit ini, antara lain :

Penderita Batu Ginjal dan Gangguan Pada Prostat
Yang mana pada kedua penyakit ini memiliki kesamaan yaitu dapat memperlambat kosongnya bagian kandung kemih sehingga membuat bakteri dapat berkembang biak lebih lama di dalam cairan urin.

Orang yang Menggunakan Kateter atau Alat Bantu Kencing
Biasanya orang yang menggunakan kateter ini sedang dalam kondisi kesehatan yang tidak baik, sehingga tidak dapat kencing sendiri dan membutuhkan bantuan alat ini.

Lahir dengan Kelainan Struktur Kemih
Orang dengan kelainan pada struktur saluran kemih, sehingga sistem pembuangan urine terganggu dan menyebabkan urine menumpuk di uretra.

Wanita
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa wnaita memiliki resiko tinggi terkena infeksi saluran kemih karena letak anus dan ureter yang berdekatan. Selain itu juga dapat disebabkan karena hubungan seksual terutama yang tidak sehat.

Wanita yang Menggunakan Alat Kontrasepso Diafragma
Jenis alat kontrasepsi yang satu ini dapat menekan uretra dan mengganggu kinerja pengosongan urine.

Jika bakteri telah masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi saluran kemih, maka orang yang mengalami kondisi tersebut dapat merasakan salah satu atau sekumpulan gejala berikut ini :

  • Demam dan terasa lemah.
  • Adanya darah dalam urine atau hematuria.
  • Nyeri pada perut dan punggung bagian bawah.
  • Urine yang berwarna lebih pekat, gelap dan beraroma kuat.
  • Nyeri, sensasi terbakar, atau menyengat ketika buang air kecil.
  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil, namun hanya sedikit urine yang keluar.

Lebih lengkapnya mengenai gejala infeksi saluran kemih, Anda dapat meng KLIK DISINI !!!

Apabila Anda mencurigai atau khawatir akan kondisi kesehatan Anda, segera periksa kesehatan Anda ke dokter sekarang juga. Pemeriksaan dan pengobatan yang sedari dini akan mencegah Anda dari kondisi lain yang lebih serius dan mengancam nyawa.

Penyebab dan Faktor Risiko Infeksi Saluran Kemih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *