Inilah 10 Pantangan Makanan Untuk Penderita Anemia

Inilah 10 Pantangan Makanan Untuk Penderita Anemia

Pantangan Makanan Untuk Penderita Anemia ,- Nutrisi yang tepat dan seimbang penting untuk menormalkan produksi sel darah serta menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Makanan dengan nutrisi yang tepat juga penting untuk didapat oleh penderita anemia. Karena selain dapat mempercepat proses pemulihan, mematuhi Pantangan Makanan Untuk Penderita Anemia juga dapat membantu penderita agra terhindar dari komplikasi anemia yang lebih serius.

Lalu, Apa Saja Pantangan Makanan Untuk Penderita Anemia Tersebut ??

Nah, berikut ini adalah 10 Pantangan Makanan Untuk Penderita Anemia yang harus dihindari, yaitu :Pantangan Makanan Untuk Penderita Anemia

  1. Makanan yang mengandung kalsium

Salah satu penyebab utama anemia yaitu kekurangan zat besi. Dimana jika penderita anemia tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, hal ini akan menganggu penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga memperburuk kondisi anemia Anda. Beberapa makanan dengan kalsium yaitu susu dan produk susu seperti keju, yoghurt, dan pisang.

  1. Makanan yang digoreng

Kebanyakan makanan goreng yang dijual di pinggir jalan mengandung minyak jenuh dengan sifat mengikat nutrisi tubuh dan darat serta menghambat aliran darah sehingga dapat mengakibatkan tekanan darah menurun. Jika anda ingin makan makanan yang digoreng buatlah sendiri di rumah dengan menggunakan minyak zaitun agar kesehatan Anda terjaga.

  1. Makanan siap saji (junk food)

Makanan siap saji mengandung lemak jenuh dan kolesterol LDL yang dapat mengiritasi lambung dan menyumbat pembuluh darah serta aliran darah. apabila aliran darah tidak lancar, hal ini akan membuat tekanan darah terus menurun sehubungan dengan makin banyak lemak jenuh yang masuk ke dalam darah Anda.

  1. Makanan Asam

Makanan asam dapat mengiritasi lambung yang mengakibatkan nafsu makan berkurang. Jika hal ini dibiarkan tanpa dilakukan pengobatan lebih lanjut, maka dapat menurunkan nafsu makan yang menyebabkan tubuh kekurangan zat besi yang akhirnya mengakibatkan tubuh kekurangan darah dan terserang darah rendah.

  1. Mie Instan

Mie instan memang enak, namun dalam mengkonsumsinya pun harus dibatasi. Zat pengawet dan zat lainnya yang ada pada mie instan dapat menghambat usus dalam mencerna makanan. Mie instan juga tidak banyak mengandung serat dan zat besi sehingga tubuh akan menolak asupan makanan lain jika sudah makan mie dan juga dapat mengakibatkan tekanan darah turun.

  1. Makanan dengan serat rendah

Makanan berserat dapat membantu dalam memperbaiki sel darah merah menjadi lebih sehat. Namun, jika penderita anemia mengkonsumsi makanan dengan serat rendah, hal ini akan membuat tekanan darah yang sudah rendah menjadi semakin rendah yang tentu saja akan membahayakan jiwa penderitanya karena dapat mengakibatkan dehidrasi.

  1. Makanan pahit

Makanan pahit dapat menurunkan kadar tekanan darah serta dapat menggagalkan proses peningkatan energi dan stamina. Untuk itu hindarilah makanan pahit seperti pare, jamu, daun pepaya, bunga pepaya dan lain-lain.

  1. Makanan kaya tannin

Orang yang menderita anemia harus membatasi asupan makanan yang kaya tannin seperti anggur, jagung dan sorghum. Karena tannin merupakan senyawa yang dapat menganggu penyerapan zat besi, yang mana hal ini tentu akan membuat penyakit anemia penderita semakin buruk.

  1. Makanan kaya folat

Folat merupakan senyawa yang dapat mencegah penyerapan zat besi. Untuk itu, orang dengan anemia karena kekurangan zat besi disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung folat. Beberapa makanan yang mengandung folat yaitu kacang-kacangan, beras merah, gandum-ganduman, dan kacang-kacangan.

  1. Makanan yang mengandung gluten

Makanan dengan kandungan gluten yang tinggi harus dihindari oleh penderita anemia karena dapat memperburuk anemia yang diderita. Gluten dapat membuat kerusakan pada dinding usus dan juga dapat mencegah penyerapan zat besi dan asam folat. Gluten banyak ditemukan dalam pasta dan produk gandum.

Itulah 10 Pantangan Makanan Untuk Penderita Anemia yang harus dihindari. Beberapa jenis pantangan makanan diatas memiliki manfaat yang bertolak belakang dengan manfaat yang mengalami anemia yaitu untuk menambah kadar darah dalam tubuh.

Bagi penderita anemia ini, anda harus ingat jangan mengkonsumsi makanan yang beresiko memicu anemia, makanlah dengan lebih sering minimal dalam porsi kecil agar lambung dapat bekerja dengan optimal.

Demikian infomasi mengenai Pantangan Makanan Untuk Penderita Anemia yang dapat kami sampaikan. Semoga hal-hal yang kami jelaskan diatas dapat diambuil manfaatnya dan semoga lekas sembuh. Terimakasih telah berkunjung dan salam sehat.

Baca juga ya => penyakit anemia dan cara mengobatinya secara herbal

Posted by :

Pantangan Makanan Penderita Anemia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *