Pantangan Makanan Penderita Penyakit Perut Kembung

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Perut Kembung

Apakah Anda sering mengalami perut kembung atau perut terasa penuh ? Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa Pantangan Makanan Penderita Penyakit Perut Kembung yang harus Anda hindari.

Namun sebelum itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu perut kembung gejala dan penyebabnya. Berikut penjelasannya.

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Perut KembungPerut kembung adalah kondisi dimana penderita merasa perutnya tidak nyaman karena terasa penuh, kencang dan bergas. Kondisi ini sangat mengganggu aktivitas bekerja dan sosialisasi penderitanya, karena rasa sakit yang dirasakannya sehingga mengharuskan penderita untuk selalu mengunjungi dokter serta mengkonsumsi obat-obatan.

Gejala Perut Kembung

Terdapat beberapa gejala umum yang sering dirasakan oleh penderita perut kembung, antara lain :

  • Perut terasa penuh.
  • Buang angin secara berlebihan.
  • Rasa nyeri dan penuh gas pada perut.
  • Frekuensi bersendawa menjadi lebih sering.
  • Sensasi sesak atau pembengkakan pada bagian perut.
  • Rasa sakit yang muncul dan menyebabkan kram perut.

Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung sangat beragam. Pasalnya kembung adalah salah satu masalah pada pencernaan yang dapat terjadi pada siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan perut kembung, diantaranya :

  • Merokok.
  • Makan terlalu cepat.
  • Berat badan meningkat.
  • Sembelit atau konstipasi.
  • Perubahan kadar hormon.
  • Udara yang tertelan secara berlebihan.
  • Mengkonsumsi obat dan suplemen diet.
  • Pertumbuhan bakteri terlalu cepat di usus kecil.
  • Kondisi medis tertentu seperti giardiasis (parasit usus), GERD, tukak lambung dan Gastroparesis (sering pada orang dengan diabetes).

Selain itu perut kembung juga dapat disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi, dan ini merupakan penyebab yang paling umum terjadi. Maka dari itu Anda harus mulai memperhatikan makanan apa yang masuk ke saluran pencernaan Anda, agar Anda dapat terhindar dari perut kembung.

Inilah Pantangan Makanan Penderita Penyakit Perut Kembung Yang Harus Dihindari :Pantangan Makanan Penderita Penyakit Perut Kembung

  1. Kacang polong-polongan

Segala jenis kacang dalam golongan polong-polongan seperti kacang arab, kacang kedelai, kacang polong, kacang tolo dan beberapa jenis kacang lain dikenal merupakan salah satu sumber protein nabati yang lengkap dengan sejumlah serat yang sangat penting untuk tubuh.

Namun salah satu jenis serat yang terkandung di dalamnya bernama raffinose justru dapat menjadi penghimpun gas di dalam lambung Anda, utamanya jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Sehingga akan menyebabkan Anda mengalami perut kembung.

  1. Gorengan

Bakwan, pisang goreng, cireng dan gorengan lainnya tentu selalu menggoda kita untuk ngemil padahal, sepotong gorengan mengandung banyak lemak yang sulit dicerna oleh usus. Utamanya jika minyak yang digunakan untuk menggoreng adalah minyak jelantah, karena sudah digunakan berkali-kali sehingga minyak jelantah sudah  teroksidasi.

Makanan yang teroksidasi bisa mengancam kesehatan sel-sel di dalam saluran cerna dan jika terjadi terus-menerus dapat menyebabkan infeksi pada saluran cerna, sehingga Anda akan mengalmi diare, mulas, muntah dan perut kembung.

  1. Produk gandum utuh

Kadar serat yang tinggi pada jenis gandum utuh ini akan membuat pekerjaan bagian pencernaan menjadi lebih berat. Selain akan membuat Anda lebih tahan kenyang, juga akan memaksa pencernaan untuk menggunakan lebih banyak energi yang akan meningkatkan pembakaran.

Konsumsi gandum utuh diawal masa diet memang cenderung akan membuat perut Anda kembung dan begah. Namun ini sebenarnya hanya proses adaptasi pencernaan terhadap gandum utuh, seiring berjalannya waktu kondisi perut kembung ini akan berangsur hilang.

  1. Permen Karet

Anda sangat suka mengunyah permen karet ? Berhati-hatilah, karena jika dikonsumsi berlebihan, kandungan gula dan alkohol yang banyak ditemukan dalam permen karet dapat mengganggu kinerja usus dalam mencerna makanan.

Riset membuktikan mengunyah permen karet akan membuat udara beberapa kali tertelan bersamaan dengan proses mengunyah tanpa sengaja. Hal ini membuat permen karet juga menjadi makanan yang menyebabkan perut kembung.

  1. Makanan Asin

Mengkonsumsi makanan asin secara berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Hal ini karena pada makanan asin mengandung sodium yang tinggi dari garam. Kelebihan kadar sodium dapat menyebabkan retensi cairan atau keadaan dimana air tidak bisa dikeluarkan dari tubuh. Akibatnya, air akan tertampung terlalu banyak dan menyebabkan perut kembung.

Risiko masalah jantung juga perlu Anda perhatikan. Sodium memang penting bagi tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan berbahaya. Salah satu risikonya bahkan berkaitan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah, yang akibatnya dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, gagal jantung dan stroke.

  1. Sayuran

Beberapa jenis sayuran yang memiliki kadar selulosa tinggi dan biasanya disertai dengan kandungan klorofil tinggi yang membuat sayuran mengandung serat tinggi serta berbagai vitamin penting. Beberapa sayuran tersebut seperti sawi, selada, brokoli dan kale.

Hanya saja pada jenis sayuran semacam ini, serat yang terkandung di dalamnya memiliki kadar serat tinggi yang menghimpun gas ke dalam lambung atau disebut dengan raffinose, ini adalah zat gula yang harus difermentasi oleh bakteri di usus karena sulit dicerna. Hal ini tentu akan menyebabkan gas masuk ke pencernaan yang akhirnya akan menyebabkan perut kembung.

Itulah beberapa Pantangan Makanan Penderita Penyakit Perut Kembung yang harus Anda hindari. Dan bagi Anda yang ingin segera sembuh dari perut kembung, disini kami punya solusi untuk mengatasi perut kembung secara alami dan cepat yakni dengan menggunakan Walatra Gamat Emas Kapsul. Untuk informasi lebih lanjut buka link kami dibawah ini dengan mengkliknya

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Perut Kembung

Posted by. gamatemaskapsul.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *