Pantangan Makanan Penderita Asma yang Wajib Dihindari

Pantangan Makanan Penderita Asma yang Wajib Dihindari

Pantangan Makanan Penderita Asma ,- Tidak hanya dengan pengobatan saja, namun penderita asma juga harus memperhatikan asupan makanan yang ia konsumsi. Hal ini agar sakit asma yang diderita dapat cepat sembuh.

Menjaga Pantangan Makanan Penderita Asma juga perlu dilakukan, agar penyakit asma yang diderita tidak semakin bertambah parah. Selain itu, menghindari Pantangan Makanan Penderita Asma juga daoat membantu memaksimalkan kerja obat, sehingga proses pengobatan sakit asma akan menjadi lebih optimal.

Daftar Pantangan Makanan Penderita Asma yang Wajib DihindariPantangan Makanan Penderita Asma

Ketika seseorang menderita sakit asma, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengatur pola makan dan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Jangan sampai makanan yang dikonsumsi membuat gejala asma kambuh dan membuatnya semakin parah.

Maka dari itu, penderita asma juga harus tahu apa saja Pantangan Makanan Penderita Asma yang tidak boleh di konsumsi agar asma tidak kambuh. Berikut daftar Pantangan Makanan Penderita Asma yang Wajib Dihindari yakni :

  1. Telur

Untuk penderita asma, telur dapat memicu alergi yang menyebabkan sakit asma kambuh. Gejala asma yang biasanya dirasakan penderita yaitu kulit gatal-gatal, pusing, mual, muntah, dan sesak napas. Jika Anda alergi terhadap telur sebaiknya hindari dan tidak mengkonsumsinya.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang paling berbahaya untuk sebagian penderita asma. Bahkan gigitan kecil sudah dapat memicu serangan serius pada beberapa orang.

  1. Kerang

Kerang termasuk jenis makanan laut yang sangat dilarang untuk dikonsumsi penderita asma, karena kerang dapat mengakibatkan reaksi alergi yang lebih cepat dibandingkan susu dan telur. Hal ini karena kandungan asam amino yang ada pada kerang dapat menyebabkan tubuh menghasilkan histamin berlebihan.

  1. Semua makanan dengan lemak jenuh

Semua jenis makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi termasuk makanan yang dilarang di konsumsi oleh penderita asma. Karena makanan dengan lemak jenuh tinggi dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru semakin parah, sehingga membuat penderita asma semakin kesulitan bernapas.

  1. Semua jenis makanan asin

Makanan asin dapat membuat saluran udara atas mengalami penyempitan dan menyebabkan lendir atau cairan yang dihasilkan oleh saluran pernapasan menjadi lebih banyak. Selain itu, makanan asin juga dapat menyebabkan peradangan yang sangat cepat, sehingga penderita asma akan sulit untuk bernapas.

  1. Makanan instan

Makanan instan mengandung pengawet yang sangat berbahaya bagi penderita asma. Yang mana makanan ini dapat membuat saluran pernapasan menjadi tidak normal dikarenakan banyaknya jumlah cairan akibat reaksi terhadap zat-zat tersebut.

  1. Makanan yang mengandung sulfit

Makanan dengan kandungan sulfit dapat memicu serangan asma. Hal ini karena sulfit merupakan makanan yang dihasilkan dari fermentasi dan banyak ditemukan dalam makanan olahan. Makanan yang mengandung sulfit yaitu daun bawang, jagung, selada, salmon, produk dari kedelai dan manisan.

  1. Semua jenis buah kering

Meskipun buah-buahan baik untuk kesehatan, namun buah yang diawetkan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh terutama tubuh penderita asma. Karena buah kering akan membuat selaput lendir bekerja berlebihan sehingga menyebabkan sesak nafas. Ada banyak jenis buah kering diantaranya persik, kismis, cerry, jeruk, dan aprikot.

  1. Acar

Acar adalah jenis makanan yang dibuat dari sayuran atau buat tertentu yang telah di fermentasi. Dimana acar ini dapat menyebabkan pembentukkan zat sulfit, yaitu zat pemicu serangan asma dengan cepat. Akibatnya penderita pun akan mengalami mual, muntah, dan perut yang tidak nyaman.

  1. Kentang goreng

Olahan kentang seperti kentang goreng, kentang kemasan dan kentang kering mengandung sulfite yang dapat membuat paru-paru tidak bekerja dengan baik karena produksi lendir dari saluran pernafasan atas. Jika ingin mengkonsumsi kentang sebaiknya memilih jenis kentang segar dan belum disimpan lama.

Itulah daftar Pantangan Makanan Penderita Asma yang Wajib Dihindari. Selain dengan menghindari pantangan makanan diatas, penderita asma juga perlu menjalani pola hidup sehat seperti menghindari rokok dan konsumsi makanan yang sehat.

Demikian artikel singkat kami tentang Pantangan Makanan Penderita Asma yang Wajib Dihindari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Terimakasih telah berkunjung dan salam sehat 🙂

Posted by :

Obat Asma Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *