Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Infeksi Saluran Kemih

Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Infeksi Saluran Kemih

Tidak hanya pengobatan saja yang harus dilakukan untuk mengatasi infeksi saluran kemih, namun memperhatikan sekaligus menghindari Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Infeksi Saluran Kemih juga penting untuk dilakukan.

Hal ini bertujuan agar pengobatan yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Terlebih lagi jika pantangan makanan dan minuman berikut ini tetap dikonsumsi oleh penderita, hal ini akan membuat kondisi penderita semakin buruk yang akhirnya akan sulit untuk disembuhkan.Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) sendiri adalah kondisi dimana organ seperti ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra yang termasuk ke dalam sistem kemih mengalami infeksi. Dimana infeksi ini umumnya disebabkan oleh bakteri Escherichia Coli atau E.Coli yang biasanya hidup di saluran cerna.

Bakteri dapat masuk dan berkembang biak di kandung kemih jika seseorang masih menyisakan urine dalam kandung kemih setiap buang air kecil. Tersisanya urine ini dapat disebabkan oleh saluran kemih yang terhambat, misalnya akibat tumor atau pembesaran prostat pada pria.

Ketika bakteri masuk dan menginfeksi sistem kemih, umumnya penderita dapat mengalami demam, nyeri pada perut, sensasi terbakar atau menyengat ketika buang air kecil, sering buang air kecil, terdapat darah di dalam urine, serta urin yang berwarna lebih pekat, gelap, dan beraroma kuat.

Lebih lengkapnya mengenai penyebab dan gejala infeksi saluran kemih, Anda dapat mengKLIK link dibawah ini ⇓

Seperti yang kami jelaskan diawal, selain dengan melakukan pengobatan, penderita infeksi saluran kemih juga harus menghindari pantangan makanan dan minuman yang akan kami jelaskan berikut ini.

Berikut adalah Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Infeksi Saluran Kemih yang Harus Di Hindari

  1. Makanan pedas

Kebanyakan orang merasa tidak nyaman pada kandung kemih setelah mengkonsumsi makanan pedas. Jenis makanan yang satu ini ternyata dapat menyebabkan iritasi pada kandung kemih dan memperburuk gejala infeksi saluran kemih yang sedang Anda alami.

  1. Makanan yang mengandung kimia

Pada proses pengobatan ISK tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia, hal ini karena jika dikonsumsi akan memperburuk kondisi penderita. Makanan yang kimia biasanya memiliki warna yang mencolok, seperti chiki atau snack.

  1. Makanan jenis seafood

Makanan jenis seafood juga sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita infeksi saluran kemih. Makanan jenis seafood yakni udang, kepiting, cumi-cumi, gurita, dan lain sebagainya.

  1. Makanan berlemak

Di jaman sekarang ini hampir semua makanan berlemak itu digoreng. Meskipun makanan berlemak ini enak untuk menjadi cemilan. Namun, pada penderita ISK, mengkonsumsi makanan berlemak sangat tidak dianjurkan. Hal ini agar mempercepat proses penyembuhan.

  1. Makanan yang dibakar

Mengkonsumsi makanan yang dibakar seperti sate, bakar ayam, kambing guling, dan lainnya sangat tidak dianjurkan untuk penderita ISK. Meskipun rasanya lezat, mengkonsumsi makanan yang dibakar bagi penderita ISK akan memperburuk kondisi kesehatannya dan proses penyembuhan pun dapat terhambat.

  1. Pemanis buatan

Menurut para peneliti menjelaskan bahwa pemanis buatan dapat memperburuk gejala infeksi saluran kemih. Meskipun belum ada bukti bahwa pemanis buatan dapat mengiritasi kandung kemih pada orang yang mengalami infeksi, namun ada baiknya Anda mencegah dan menghindarinya.

  1. Kopi

Kandungan kafein yang ada pada kopi dapat menstimulasi otot kandung kemih. Tidah hanya itu, kopi juga bersifat diauretik sehingga akan membuat Anda sering buang air kecil. Selain kopi, minuman lain yang perlu dihindari termasih teh, cola, dan minuman energi.

  1. Minuman beralkohol

Mengkonsumsi alkohol memang tidak baik untuk tubuh. Pasalnya alkohol dapat berpengaruh buruk bagi lambung dan memberi beban berlebih pada kandung kemih. Hindari konsumsi alkohol jika Anda tengah menderita ISK, dan ada baiknya perbanyak minum air putih untuk membantu mengeluarkan bakteri dari tubuh.

  1. Minuman bersoda

Untuk penderita radang kronis pada kandung kemih harus menghindari minuman jenis ini termasuk minuman soda tanpa tambahan rasa. Sebaiknya, ganti dengan lebih banyak mengkonsumsi minum air putih.

  1. Minuman dengan rasa asam dan jus

Minuman yang memiliki rasa asam seperti rasa lemon atau jeruk dapat mengiritasi kandung kemih. Jus nanas, anggur, tomat, strawberry, apel, persik dan plum juga harus dihindari, karena buah-buahan tersebut memiliki sifat asam yang dapat memperburuk gejala infeksi saluran kemih.

Itulah beberapa Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Infeksi Saluran Kemih yang harus dihindari. Selain dengan menghindari makanan dan minuman diatas, mengkonsumsi obat infeski saluran kemih herbal juga perlu dilakukan agar ISK dapat sembuh total dan tidak ada efek samping yang tidak diinginkan.

Untuk mengobati ISK kami rekomendasikan Obat Herbal Walatra Gamat Emas Kapsul yang sudha terbukti mampu menyembuhkan penyakit ISK secara alami tanpa menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuh. Informasi selengkapnya mengenai produk Walatra Gamat Emas Kapsul silahkan klik >> Obat Herbal Infeksi Saluran Kemih

Pantangan Penderita Infeksi Saluran Kemih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *