Mengenali Penyakit Step / Kejang Pada Anak

Mengenali Penyakit Step / Kejang Pada Anak

Bagi seorang ibu, apabila mendapati anaknya secara tiba-tiba demam tinggi akan merasakan khawatir, kekhawatiran ini cukup masuk akal karena demam tinggi secara tiba-tiba sangat tidak baik bagi kesehatan anak. Demam tinggi yang terjadi secara tiba-tiba dapat menyebabkan anak menderita step atau kejang demam. Ingin tahu lebih jelas dan akibat dari penyakit step? simak penjelasan tentang Mengenali Penyakit Step / Kejang Pada Anak berikut ini.

Mengenali Penyakit Step / Kejang Pada AnakStep atau kejang adalah kondisi yang terjadi akibat dari kenaikan drastis pada temperatur tubuh yang umumnya disebabkan oleh infeksi, kondisi ini merupakan respons khusus dari otak terhadap demam yang biasanya terjadi di hari pertama anak demam.

Jika tidak ditangani dengan tepat, maka step / kejang ini dapat berbahaya bagi kesehatan anak. Utamanya jika step / kejang terjadi sejak anak masih bayi, karena hal ini dapat menyebabkan anak mengalami kekurangan pada motoriknya sehingga anak susah berjalan atau susah berbicara.

Tentunya step / kejang ketika demam ini harus selalu diwaspadai karena dapat berbahaya bagi kesehatan anak bahkan dapat menyebabkan kematian. Jangan salah mengartikan bahwa anak Anda mengalami epilepsi ketika ia kejang-kejang, karena kejang yang diakibatkan oleh epilepsi tidak terjadi pada saat anak sedang demam.

Gejala Step / Kejang Pada Anak

Kejang / step terjadi pada anak berusia 6 bulan sampai 5 tahun, dengan gejala demam yang mendahului kejang. Gejala lain yang terjadi biasanya, seperti :

  • Kaki atau tangan kelojotan.
  • Kekakuan pada kaki atau tangan.
  • Mata mendelik atau berkedap-kedip.
  • Anak tidak sadar ketika kejang, setelah kejang kesadaran biasanya kembali.

Berdasarkan gejala yang ditimbulkan, lama kejang dan jenis kejang dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni :

  1. Kejang Demam Sederhana => kejang yang berlangsung kurang dari 15 menit, tidak berulang dalam 24 jam dan terjadi di seluruh tubuh.
  2. Kejang Demam Kompleks => kejang berlangsung lebih dari 15 menit, dapat berulang dalam 24 jam dan kejang terjadi di salah satu bagian tubuh.

Penyebab Step / Kejang Pada Anak

Penyebab step / kejang yang sebenarnya belum diketahui, namun sebagian besar kasus, step / kejang terjadi akibat dari imfeksi virus, infeksi telinga, flu, cacar air atau tonsilitis (radang amandel). Selain itu, kejang pada anak juga relatif terjadi pascaimunisasi seperti DPT/PT (Diphteri-Pertussis-Tetanus) dan MMR (Mumps-Measles-Rubella). Meski demikian, bukan vaksinnya yang menyebabkan kejang, melainkan karena demam yang dialami anak.

Faktor genetik juga meningkatkan risiko kecenderungan terjadinya demam yang dialami anak. Satu dari empat anak yang mengalami step / kejang demam kompleks memiliki riwayat anggota keluarga yang pernah mengalami kondisi ini. # Mengenali Penyakit Step / Kejang Pada Anak

Setelah terjadi sekali, step / kejang juga bisa saja terulang, terutama jika :

  • Step / kejang yang terjadi pertama kali sebelum anak berusia 1 tahun.
  • Terdapat anggota keluarga dekat yang emmiliki riwayat kejang demam.
  • Periode antara anak mulai demam dengan waktu kejangnya tergolong singkat.
  • Anak Anda mengalami kejang padahal suhu tubuhnya ketika demam tidak begitu tinggi.

Kabar baiknya, hampir semua anak dapat pulih seperti semula setelah mengalami step / kejang.

Cara Menangani Step / Kejang Pada Anak

Hal yang perlu Anda ketahui, jangan menghitung durasi kejang berlangsung pada anak. Anak yang mengalami kejang baik dalam beberapa detik atau menit harus segera mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika anak mengalami step / kejang demam :

  1. Jangan panik, gunakan pengukup suhu tubuh

Tidak disarankan bagi Anda mengukur suhu tubuh anak Anda hanya dengan menggunakan punggung tangan di dahi anak anda. Dengan cara ini jelas tidak akurat karena suhu badan dan kepekaan Anda sebagai orang tua ikut menentukan sebaiknya menggunakan termometer air raksa yang mampu mengukur suhu tubuh lebih akurat, Anda dapat menempelkannya di rongga mulut atau di rektum.

  1. Bersikap tenang dan bantu anak Anda mengurangi demam

Anda harus bersikap tenang sehingga Anda dapat melakukan beberapa bantuan ringan untuk anak anda. Anda dapat menurunkan suhu demam pada anak Anda dengan menggunakan kompres air biasa yang diletakan di dahi, lipatan paha dan juga di ketiak. Kompresan menggunakan air dinilai lebih aman ketimbang menggunakan alkohol, pada saat Anda menurunkan suhu tubuh anak anda. Penurunan yang drastis tidak disarankan.

  1. Hentikan kecemasan Anda, gunakan pakaian yang tepat untuk anak

Ketika anak Anda sedang demam, jangan menggunakan selimut yang tebal. Selimut dan pakaian yang berbahan panas akan meningkatkan suhu tubuh anak Anda dan menghalangi penguapan, hindari pakaian yang ketat dan juga mengikat. Baju dengan bahan katun dan longgar sangat disarankan untuk anak Anda yang mengalami step / kejang. Jangan terlalu khawatir dengan memeluknya erat-erat karena itu sama sekali tidak akan membantunya. Anda harus selalu berada di sisinya jikalau ia membutuhkan sesuatu.

Penting sekali bagi Anda segera sigap untuk memberikan pertolongan pertama pada anak Anda yang mengalami step / kejang. Kejang yang terlambat mendapatkan pertolongan akan membuat anak Anda terancam mengalami retardasi mental. Dan jika tidak segera diatasi akan mengakibatkan kerusakan pada sel-sel otak sehingga menyebabkan kecerdasan dan perkembangan tidak optimal.

Demikian penjelasan tentang Mengenali Penyakit Step / Kejang Pada Anak. Segera periksakan si kecil ke dokter, jika ia mengalami step / kejang. Bawa dirinya ke IGD secepat mungkin utamanya jika kejang terjadi lebih dari 10 menit atau disertai gejala sesak napas, leher kaku, muntah dan sangat mengantuk.

Kejang juga dapat menjadi tanda dari penyakit yang lebih serius, seperti meningitis dan epilepsi. Segera bawa anak Anda ke rumah sakit bisa Anda menduga kondisi tersebut bukan sekedar step / kejang biasa.

Bagi Anda yang sedang mencari pengobatan herbal untuk mengobati step / kejang pada anak, kami sarankan agar Anda melakukan pengobatan dengan Walatra Gamat Emas Kapsul yang terbuktin ampuh, efektif dan aman mengobati step / kejang demam secara alami tanpa efek samping apapun.

Mengenali Penyakit Step / Kejang Pada Anak

~~~Terimakasih Telah Berkunjung Dan Semoga Lekas Sembuh~~~

Post by. gamatkapsulasli.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *