Memahami Sebab dan Akibat Penyakit Step pada Anak

Memahami Sebab dan Akibat Penyakit Step pada Anak

Step sering kali terjadi pada anak-anak. Bagaimanapun kondisi ini akan membuat panik setiap orang tua yang mengalaminya. Jadi sangat penting bagi orang tua untuk Memahami Sebab dan Akibat Penyakit Step pada Anak.

Memahami Sebab dan Akibat Penyakit Step pada AnakStep atau yang disebut dengan kejang merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat dari kenaikan drastis pada temperatur tubuh yang umumnya disebabkan oleh infeksi dan merupakan respons khusus dari otak terhadap demam yang biasanya terjadi di hari pertama anak demam.

Demam ini merupakan gejala awal dari anak yang mengalami step. Gejala lain yang sering timbul yaitu kekakuan otot, kelojotan sekujur tubuh dan tidak merespon ketika namanya dipanggil, sehingga wajar saja jika hal ini membuat orang tua panik. Step ini sering terjadi pada anak yang berumur 6 bulan hingga 5 tahun.

Penyebab Step Pada Anak

Step ini merupakan penyakit yang terjadi ketiak ada peningkatan suhu tubuh, biasanya di atas 38OC yang disebabkan oleh suatu proses diluar otak. Selain itu, ada beberapa faktor yang memicu terjadinya step, yakni :

  • Cidera kepala, contonya akibat kecelakaan.
  • Racun akibat gigitan hewan, misalnya ular.
  • Efek samping obat-obatan, misalnya tramadol atau
  • Pengaruh kondisi kesehatan tertentu, seperti epilepsi, demam, gula darah yang rendah, stroke, meningitis atau eklamsia.
  • Pola hidup yang buruk, contohnya terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras atau obat-obatan terlarang. Gejala putus obat atau alkohol bisa memicu step.

Meski demikian, ada juga step yang terjadi tanpa akibat yang jelas. Kondisi ini disebut dengan kejang idiopatik dan bisa terjadi pada semua umur. Namun lebih umumnya dialami oleh anak-anak dan remaja. # Memahami Sebab dan Akibat Penyakit Step pada Anak

Akibat Penyakit Step Pada anak

Step merupakan penyakit yang disebabkan oleh kontraksi otot berlebihan di luar kehendak. Jika tidak cepat ditangani, step dapat mengakibatkan kerusakan otak dan pada akhirnya akan menyebabkan epilepsi dan kelumpuhan mental.

Pada sebagian besar kasus, step yang terjadi beberapa detik umumnya tidak berbahaya. tapi jika berlangsung lama, berulang dan tidak segera ditangani dengan cepat, maka akan mengakibatkan bahaya seperti kerusakan otak atau sebagai gejala awal dari penyakit serius.

Itulah Sebab dan Akibat Penyakit step pada Anak. Satu hal yang harus Anda ingat, penyakit step jangan pernah di anggap biasa karena dampaknya yang sangat tidak baik untuk masa depan anak Anda. # Memahami Sebab dan Akibat Penyakit Step pada Anak

Cara Menangani Penyakit Step Pada Anak

Penting untuk tetap tenang ketika menangani step pada anak. Umumnya step terjadi di awal masa demam anak, sehingga memberikan obat penurun panas kepadanya seperti paracetamol atau ibuprotein. Hal ini bertujuan untuk membuat anak lebih nyaman dengan suhu tubuh yang tidak terlalu tinggi tapi tidak mencegah timbulnya step itu sendiri.

Hindari pemberian aspirin karena bisa berisiko terjadinya Reye’s syndrome pada sebagian anak dan bisa berujung kematian. Jika step pada anak terjadi untuk kedua kalinya ketika Anda belum berada di rumah sakit atau ke dokter, berikit cara yang bisa Anda lakukan yaitu :

  • Longgarkan pakaiannya.
  • Pindahkan benda tajam disekitarnya.
  • Tetaplah berada di dekatnya untuk menenangkannya.
  • Jangan tahan gerakan step anak Anda. Namun letakkan ia di permukaan yang aman seperti pada karpet di lantai.
  • Untuk menghindari tersedak, segera keluarkan jika ada sesuatu di dalam mulutnya ketika ia step. Jangan taruh obat dalam bentuk apa pun di dalam mulutnya ketika anak sedang step.
  • Untuk mencegah agar ia tak menelan muntahnya sendiri (jika terjadi), letakkan ia menyamping bukan terlentang, dengan salah satu lengan berada di bawah kepala yang juga ditengokkan ke salah satu sisi.
  • Hitung durasi step. Panggil ambulans atau larikan ke instalasi gawat darurat (IGD), jika step terjadi lebih dari 10 menit.

Untuk mendiagnosis penyebab step, dokter biasanya akan melakukan beberapa pemeriksaan berikut : tes urin, tes darah atau pemeriksaan cairan tulang belakang (lumbar puncture) untuk mengetahui apakah terjadi infeksi sistem saraf pusat seperti meningitis.

Segera periksakan si kecil ke dokter jika dia mengalami step, meski jika hanya berlangsung beberapa detik. Bawa dirinya ke IGD secepat mungkin jika stepnya terjadi lebih dari 10 menit atau disertai gejala sesak napas, leher kaku, muntah dan sangat mengantuk.

Sedangkan, untuk pengobatan penyakit step janganlah menggunakan obat yang dapat membahayakan anak anda. Tetapi gunakanlah obat step yang aman dan berkhasiat dapat mengobati penyakit step. Obat step untuk anak yang aman adalah Walatra Gamat Emas Kapsul.

Memahami Sebab dan Akibat Penyakit Step pada Anak

By. Memahami Sebab dan Akibat Penyakit Step pada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *