Makanan Terbaik Untuk Penderita Asma

Wajib Tahu! 10 Makanan Terbaik Untuk Penderita Asma

Makanan Terbaik Untuk Penderita Asma ,- Meskipun tidak ada pola makan khusus untuk penderita asma. Tetapi beberapa penelitian membuktikan bahwa penderita asma yang mengkonsumsi makanan bernutrisi dapat memperbaiki kerusakan pada sistem pernapasan mereka.

Nah, apa saja makanan bernutrisi yang baik untuk penderita asma tersebut ? Berikut kami berikan ulasan lengkapnya untuk Anda.

Makanan Terbaik Untuk Penderita Asma

Makanan Terbaik Untuk Penderita Asma

Bagi Anda yang menderita penyakit asma, sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda agar penyakit asma Anda tidak sering kambuh. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan yakni dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Berikut 10 Makanan Terbaik Untuk Penderita Asma yang dianjurkan untuk dikonsumsi yakni :

  1. Makanan dengan Kandungan Karotenoid

Karotenoid adalah antioksidan yang larut dalam lemak, dimana makanan dengan karotenoid dapat membantu memerangi radikal bebas yang menyebabkan kontraksi saluran napas otot polos. Sumber makanan dari karotenoid adalah kunyit, bayam, wortel, ubi jalar, labu, mangga, aprikot dan melon.

  1. Bayam

Bayam memiliki sejumlah nutrisi seperti vitamin C, E, kalium, dan magnesium. Yang mana sejumlah nutrisi ini sangat membantu dalam memerangi asma dan mencegah penyakit asma datang kembali (kambuh).

  1. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik dan bakteri yang dapat mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Selain itu, yogurt juga dapat membantu mengurangi resiko alergi yang menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit asma.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung glutathione yang sangat bermanfaat dalam melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan dapat mengeluarkan (detoksifikasi) zat-zat asing seperti polutan. Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang baik, khususnya untuk penderita asma.

  1. Pisang

Pisangb termasuhk menu Makanan Terbaik Untuk Penderita Asma yang dapat membantu memperkuat sistem pernapasan. Kandungan pyridoxine yang ada pada buah pisang berperan dalam produksi adenosin trifosfat (ATP) dan siklik adenosin monofosfat (cAMP), molekul yang membantu jaringan otot polos bronkus menjadi rileks.

  1. Biji Rami

Biji rami mengandung kalium, selenium dan magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, biji rami juga mengandung asam lemak dan omega-3 yang bermanfaat untuk mengurangi gejala asma karena bersifat anti inflamasi.

  1. Bawang Putih

Bawang putih telah diketahui khasiatnya sejak jaman dulu sangat ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit. Penelitian terbaru membuktikan bahwa bawang putih efektif dalam menjaga kesehatan kardiovaskular, mencegah kanker, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Tomat

Tomat memiliki manfaat yang dapat mencegah asma dan mengurangi gejala asma. Vitamin C dan sejumlah besar kalium yang dimiliki oleh tomat sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh penderita asma.

  1. Sawi

Sawi memiliki antioksidan, sumber vitamin C, vitamin E serta nutrisi yang tinggi, dimana semua kandungan tersebut sangat baik bagi penderita asma, khususnya penderita yang sering mengalami serangan asma mendadak. Nutrisi pada sawi juga dapat mengikat radikal bebas dan membantu dalam pemecahan histamin.

  1. Wortel

Wortel termasuk Makanan Terbaik Untuk Penderita Asma yang kaya akan beta-karoten dan antioksidan. Studi awal menunjukkan bahwa beta-karoten dalam wortel dapat mengurangi risiko asma yang berperan dalam menjaga kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh penderita asma.

Itulah 10 Makanan Terbaik Untuk Penderita Asma yang bisa Anda pilih sebagai menu harian Anda. Selain mengkonsumsi makanan sehat diatas, Anda juga harus menghindari pantangan makanan sakit asma seperti kerang, acar, kerang, kentang goreng, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan singkat kami tentang Makanan Terbaik Untuk Penderita Asma. Semoga ulasan diatas dapat memberikan manfaat bagi Anda yang membacanya. Terimakasih telah berkunjung dan salam sehat 🙂

Simak Juga Artikel Kesehatan Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *