Gejala awal penyakit gondok yang harus diwaspadai

Gejala awal penyakit gondok yang harus diwaspadai

Gejala awal penyakit gondok yang harus diwaspadai ,- Penyakit gondok merupakan penyakit serius yang memerlukan penanganan dengan segera. Jika gondok dibiarkan, maka penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan dan penekanan pada pita suara (trakea) yang mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan saat bernapas.

Untuk itu sangat penting untuk segera melakukan pengobatan dan perawatan penyakit gondok sedini mungkin. Hal ini dilakukan agar penyakit gondok tidak semakin parah dan lebih mudah untuk disembuhkan.

Gejala awal penyakit gondok yang harus diwaspadaiGejala awal penyakit gondok yang harus diwaspadai

Tidak semua penderita penyakit gondok akan menunjukkan adanya gejala. Namun jika terjadi gejala, maka munculnya benjolan abnormal atau pembengkakan pada leher adalah tanda utama yang akan dikeluhkan oleh penderita.

Ukuran benjolan gondok sendiri akan berbeda-beda pada tiap penderitanya. Benjolan dengan ukuran kecil biasanya tidak akan menimbulkan keluhan apapun. Namun, benjolan tersebut dapat memengaruhi pernapasan serta menyebabkan penderita sulit menelan jika ukurannya bertambah besar.

Gejala-gejala lain yang mungkin menyertai pembengkakan ini, antara lain :

  • Sakit Tenggorokan

Benjolan di leher yang belum terlalu besar umumnya tidak akan menyebabkan gangguan apapun. Namun jika benjolan semakin besar, maka akan menganggu kinerja tubuh terutama aktivitas yang melibatkan leher dan organ yang ada di leher itu sendiri.

Salah satu gejala yang diakibatkan oleh ukuran benjolan yang semakin besar adalah sakit tenggorokan. Makin besar ukuran gondok, biasanya rasa sakit di tenggorokan akan semakin parah. Kondisi ini terjadi akibat adanya tekanan dari kelenjar tiroid yang membengkak sehingga tenggorokan akan semakin sempit.

  • Sakit Ketika Menelan

Akibat adanya tekanan dari pembengkakan, tenggorokan pun akan terasa sakit sekaligus menyebabkan kesulitan ketika menelan sesuatu. Kondisi ini juga sering menyebabkan penderitanya tidak nafsu makan, yang akhirnya akan mengakibatkan penurunana berat badan penderita.

  • Rasa Sakit Ketika Mengunyah Makanan

Selain sakit saat menelan, penderita gondok juga akan mengalami rasa sakit ketika mengunyah makanan. Bahkan meskipun tidak sedang mengunyah makanan biasanya mulut akan terasa tegang dan nyeri sebab otot di sekitar leher dan mulut akan tegang akibat benjolan.

  • Terjadi Perubahan Suara

Tekanan di leher dan tenggorokan akibat benjolan gondok ini, biasanya akan menyebabkan pita suara terganggu dan suplai udara yang masuk ke tenggorokan akan terbatas. Hal inilah yang akan mengakibatkan penderita gondok mengalami perubahan terhadap suaranya. Suara biasanya akan berubah menjadi lebih serak dibandingkan biasanya.

  • Keringat Berlebih

Umumnya keringat berlebih akan terjadi ketika kekurangan iodin dalam jumlah banyak. Tidak hanya mengakibatkan benjolan pada tiroid, kekurangan iodin jug akan menyebabkan tubuh menghasilkan keringat berlebih.

  • Telinga Berdengung

Pembengkakan pada kelenjar tiroid juga bisa menjalar hingga ke bagian telinga. Otot-otot di telinga akan mengalami tekanan dan tegang akibat pembengkakan kelenjar tiroid, sehingga terkadang penderita gondok juga akan mengalami gejala telinga berdengung.

  • Tubuh Cepat Lelah

Kekurangan nutrisi dan iodin akan mengakibatkan tubuh menjadi cepat lelah. Hal ini karena kekurangan nutrisi dan iodin akan menyebabkan denyut jantung melemah sehingga aliran darah juga akan menjadi lemah. Akibatnya, proses penyebaran nutrisi makan dan oksigen akan terganggu. Denyut jantung pun akan lemah dan penderitanya akan mengalami gejala darah rendah seperti tubuh lemas, cepat lelah dan mudah mengantuk.

  • Kenaikan Suhu Tubuh

Penyakit gondok yang tergolong para akan menyebabkan penderitanya mengalami kenaikan suhu tubuh terutama pada malam hari. Kondisi ini karena kelenjar tiroid yang mengalami gangguan sehingga produksi hormon tiroid pun akan terganggu. Hormon tiroid merupakan komponen penting untuk melakukan berbagai macam proses kimia di dalam tubuh.

Itulah beberapa Gejala awal penyakit gondok yang harus diwaspadai. Jika Anda maupun keluarga Anda mengalami gejala-gejala diatas, segera lakukan pengobatan jika Anda menderita penyakit gondok, agar penyakit Anda dapat disembuhkan dengan cepat dan efektif.

Terimakasih telah berkunjung. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda tentang penyakit gondok. Salam Sehat 🙂

Posted by : gamatkapsulasli.com

Baca Juga Artikel Kesehatan Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *