Cara Menambah Kadar Zat Besi Untuk Bantu Atasi Anemia

Cara Menambah Kadar Zat Besi Untuk Bantu Atasi Anemia

Cara Menambah Kadar Zat Besi Untuk Bantu Atasi Anemia ,- Zat besi sangat penting untuk tubuh kita, karena hal ini berhubungan dengan sel darah merah. Dimana jika tubuh kekurangan zat besi, maka dapat menyebabkan anemia defesiensi besi dan dapat membuat tubuh terserang penyakit lain.Cara Menambah Kadar Zat Besi Untuk Bantu Atasi Anemia

Zat besi merupakan salah satu mineral penting yang diperlukan oleh tubuh. Yang mana zat besi ini menghasilkan komponen sel darah merah yang dikenal dengan hemoglobin (Hb). Hb dibutuhkan oleh tubuh untuk mengikat dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh organ. Selain itu, hb juga berperan dalam pembuangan karbondioksida dari sel-sel tubuh di paru-paru.

Karena fungsi zat besi ini sangat penting, maka kekurangan zat besi dapat mengakibatkan terhambatnya pasokan hemoglobin dalam darah. Dimana kondisi ini juga dapat memicu terjadi anemia defisiensi besi yang merupakan salah satu jenis anemia yang paling umum dan dapat terjadi pada orang di segala usia termasuk anak-anak.

Untuk itu, agar tubuh tidak kekurangan darah dan kebutuhan zat besi kita terpenuhi, maka konsumsilah makanan-makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti bayam, kangkung, daging sapi, kentang, dan lain-lain.

Lebih lengkapnya, berikut daftar makanan yang kaya akan zat besi dan mudah kita dapatkan yaitu :Cara Menambah Kadar Zat Besi Untuk Bantu Atasi Anemia

Bayam
Bayam termasuk sayuran penambah darah yang kaya akan kandungan zat besi. Selain zat besi, bayam juga mengandung vitami B12 dan asam folat. Bayam ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai makan penambah darah pada ibu hamil.

Kangkung
Selain bayam, sayuran berdaun hijau lainnya yang kaya akan kandungan zat besi yaitu kangkung. Meskipun terkadang kangkung ini dapat menyebabkan tubuh lemas dan lelah. Namun jika dikonsumsi tidak berlebihan, kangkung dapat membantu mengatasi anemia dan menambah volume darah.

Daging Sapi
Tubuh dapat menyerap lebih banyak zat besi dari daging dibandingkan makanan lainnya. Dan daging sapi merupakan yang paling di sarankan untuk orang yang kurang darah akibat rendahnya hemoglobin.

Daging Bebek
Daging bebek yaitu makanan hewani yang dapat menambah darah di dalam tubuh. Dimana daging bebek ini sudah banyak dikenal sebagai makanan penambah darah yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia.

Ikan
Ikan terkenal dengan kandungannya yang kaya akan omega 3 dan 6. Ikan juga mengandung zat besi yang sangat baik untuk tubuh. Beberapa jenis ikan yang kaya akan zat besi yaitu ikan lele, ikan sarden, ikan mas, ikan makarel, dan ikan patin.

Kentang
Kentang adalah sumber zat besi yang cukup baik. Dimana kentang juga mengandung vitamin C yang baik untuk membantu penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Kuning Telur
Telur merupakan sumber makanan yang mudah di dapat. Dimana kuning telur merupakan bagian yang kaya akan kandungan zat besi, mineral dan vitamin B.  Zat besi dalam kuning telur dapat membantu tubuh untuk memproduksi hemoglobin.

Seafood
Seafood merupakan makanan sumber hemoglobin yang baik untuk tubuh. Beberapa jenis makanan laut yang dapat dipilih yaitu ikan tuna, kepiting, kerang, salmon, tiram, udang dan sarden.

Hati Ayam
Makanan yang satu ini cukup populer di Indonesia. Umumnya hati ayam mengandung 9 miligram zat besi per 100 gramnya. Selain itu, hati ayam juga mengandung banyak mineral dan vitamin lain termasuk juga protein.

Coklat Hitam
Jika Anda salah satu pengemar coklat, maka tidak ada salahnya Anda untuk mencoba coklat hitam. Dimana dalam coklat hitam sekitar 80% mengandung lebih dari 15 miligram zat besi yang baik untuk tubuh Anda.

Tahu
Tahu adalah salah satu alternatif terbaik untuk menambah asupan zat besi bagi mereka yang tidak menyukai daging (vegetarian). Dalam 100 gram tahu terkandung sekitar 5 miligram zat besi.

Buah Kering
Buah kering seperti kismis dan plum juga dapat membantu menambah zat besi. Dalam setengah cangkir kismis terdapat 1,9 mg zat besi dan dalam 1 cangkir plum terdapat 1 mg zat besi.

Buah-Buahan
Buah-buahan merupakan sumber terbesar dari zat besi, yang juga banyak mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang sangat penting untuk tubuh. Buah yang kaya akan zat besi yaitu semangka, anggur, pisang, apel, stroberi, alpukat, pepaya, delima, mangga, buah naga, sirsak, melon, dan nanas.

Agar dapat memaksimalkan penyerapan zat besi, asupan vitamin C juga diperlukan. Konsumsi makanan yang tinggi kandungan zat besinya bersamaan dengan sumber vitamin C seperti jeruk, kiwi dan tomat.

Untuk pengobatan anemia sendiri, anda dapat menggunakan Obat Anemia Herbal yang terbukti aman tanpa menimbulkan efek samping apapun bagi tubuh. Karena semua komposisi bahan yang digunakan 100% alami tanpa dicampur dengan bahan kimia sedikitpun.

Cara Menambah Kadar Zat Besi Untuk Bantu Atasi Anemia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *