Bahaya Kista Ovarium Jika Tidak Segera Diobati

Bahaya Kista Ovarium Jika Tidak Segera Diobati

Bahaya Kista Ovarium Jika Tidak Segera Diobati ,- Setiap wanita pasti takut jika mendengar atau bahkan menderita penyakit kista ovarium. Karena kehadirannya di tubuh dapat berkembang menjadi kanker dan bersifat mematikan.

Lalu apa saja bahaya akibat kista ovarium yang dapat terjadi ?? Simak ulasan lengkapnya disini.

Bahaya Kista Ovarium Jika Tidak Segera Diobati

Pada dasarnya, kista ovarium tidak berbahaya. Yang membuatnya berkembang hingga menjadi ganas yaitu ketika kista ovarium tersebut berukuran sangat besar, pecah atau menghalangi suplai darah ke ovarium.

Kista ovarium sendiri adalah kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium atau indung telur. Umumnya kista ini dapat muncul dan bisa hilang dengan sendirinya tanpa Anda ketahui, karena tidak menimbulkan gejala.

Namun, jika kista ovarium dibiarkan tumbuh dan membesar, maka hal ini dapat menimbulkan serangkaian gejala yang menyakitkan seperti perut bengkak, nyeri panggul sebelum atau sesudah menstruasi, nyeri ketika berhubungan seksual, perut terasa tertekan, mual dan muntah.

Gejala tersebut menandakan bahwa kista mungkin ruptur atau terpelintir. Kondisi ini sangatlah berbahaya, karena dapat menimbulkan komplikasi atau bahaya lain bagi tubuh yang bahkan dapat berujung pada kematian.

Apa saja bahaya kista ovarium tersebut ?

Berikut beberapa bahaya atau komplikasi akibat kista ovarium yang dapat terjadi pada penderita, yaitu :

  • Kanker Ovarium

Meskipun kista ovarium tidak disebutkan sebagai penyebab kanker ovarium, namun banyak kasus yang terjadi pada wanita yang tidak segera mengobati kista ovarium dan kemudian jaringan berubah menjadi kanker. Kista ovarium yang terjadi pada wanita muda tetap mempunyai risiko menjadi kanker.

  • Torsi Ovarium

Kista yang membesar dapat mengakibatkan ovarium bergerak keluar dari posisi normalnya di panggul. Kondisi inilah yang meningkatkan kemungkinan terjadinya nyeri pada ovarium, atau yang disebut torsi ovarium.

  • Kista Pecah

Bahaya kista yang berisi cairan seperti darah dan jenis cairan lain yang tidak mendapatkan pengobatan dapat berakibat kista pecah. Dimana pecahan kista ini dapat menyebar ke berbagai organ terutama di sekitar perut dan sistem reproduksi. Tindakan medis segera diperlukanuntuk mengatasi infeksi dan ancaman untuk nyawa.

  • Komplikasi Kehamilan

Banyak wanita yang tidak menyadari jika dirinya menderita kista ovarium, sehingga ketika wanita hamil melakukan pemeriksaan dengan USG kehamilan, maka kista baru diketahui. Operasi untuk mengeluarkan kista selama kehamilan mungkin diperlukan dan biasanya hal ini tidak membahayakan kehamilan.

  • Infertilitas

Kemandulan yang disebabkan kista ovarium, sifatnya dapat sementara atau bahkan permanen tergantung dari kerusakan yang terjadi akibat kista terhadap sistem reproduksi.

  • Peritonitis

Peritonitis adalah radang selaput atau membran pada perut, yang jika menyerang bagian rongga perut dapat mengakibatkan rasa nyeri yang luar biasa dan pada sebagian kasus dapat membahayakan keselamatan nyawa penderitanya.

  • Komplikasi Penyakit

Kista ovarium juga dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti gangguan usus yang mengakibatkan fungsi usus menjadi terganggu, kegagalan fungsi kandung kemih yang membuat penderitanya sering tidak dapat mengontrol buang air kecil, hingga gangguan kehamilan jika kista terjadi ketika mengandung.

Kista memang menakutkan, namun kita dapat mencegah kista dengan menerapkan pola atau gaya hidup yang baik. Bagi wanita yang mempunyai garis keturunan dengan kanker ovarium juga harus lebih berhati-hati terhadap kista ovarium ini.

Posted by.

Obat Kista Ovarium Tradisional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *